Komponen kimiawi penyusun sel yang berperan untuk menjaga keseimbangan pH cairan sel adalah…. A. protein B. air C. lemak D. karbohidrat E. garam mineral

Komponen kimiawi penyusun sel yang berperan untuk menjaga keseimbangan pH cairan sel adalah….

A. protein

B. air

C. lemak

D. karbohidrat

E. garam mineral

Jawaban : B

Pembahasan :

Komponen kimiawi penyusun sel terdiri dari komponen anorganik (air, garam mineral, dan ion-ion) dan komponen organik (protein, lemak, karbohidrat, dan asam nukleat).

Air: berperan untuk menjaga keseimbangan pH cairan sel sehingga reaksi metabolisme yang melibatkan enzim dapat berjalan.

Garam mineral dan ion-ion: berfungsi sebagai komponen struktural sel, pemeliharaan fungsi metabolisme, pengaturan kerja enzim, menjaga keseimbangan asam dan basa.

Protein: berperan sebagai penyusun membran sel dengan bergabung bersama lemak membentuk senyawa lipoprotein, protein seperti itu dinamakan protein struktural.

Lipid/lemak: berperan sebagai pembentuk membran sel bersama protein, mengatur sirkulasi lemak yang lain, dan sumber cadangan energi bagi sel.

Karbohidrat: berperan sebagai sumber energi bagi sel, komponen pembentuk membran dan dinding sel, merupakan komponen penyusun inti sel bersama dengan protein.

Asam nukleat: berperan sebagai faktor genetika, koenzim, pembawa energi, dan pengatur biosintesis protein.

close